Skip to main content

Memperbaiki Flashdisk yang terkena Virus

Artikel kali ini menjelaskan tentang cara mengatasi Flashdisk yang terkena Virus.

Virus yang sering ditemukan di dalam flashdisk biasanya adalah virus yang berbentuk Shortcut. Virus Shorchut tersebut akan menghilangkan semua atau beberapa file yang kita simpan di dalam flashdisk. Tetapi sebenarnya file tersebut tidak hilang melainkan hanya terhidden. Dan lebih mengesalkan lagi yang tertinggal di flashdisk hanyalah file shortcut. Namun, apabila anda mengalami hal tersebut anda tidak perlu khawatir. Anda bisa mengikuti metode di berikut ini agar virus shorcut di dalam flashdisk segera hilang.

1. Biasanya laptop atau PC selalu memiliki aplikasi                 antivirus

Gunakanlah aplikasi antivirus tersebut. Antivirus tersebut berguna untuk menghapus file yang terindikasi terkena virus dan juga sebagai penangkal apabila ada virus lain yang masuk ke dalam flashdisk.

2. Lakukanlah proses Scanning pada flashdisk yang             terinfeksi virus

 Akan lebih baik lagi jika anda melakukan proses scanning secara menyeluruh pada drive yang ada di PC/LAPTOP anda. Setelah menunggu beberapa saat proses scanning maka selanjutnya akan ada laporan mengenai beberapa virus yang di temukan.

3. Langkah selanjutnya, hapus virus yang ada di flashdisk anda, 

setelah di hapus biasanya didalam flashdisk masih ada file shortcut yang di tinggalkan oleh virus dan sebaiknya anda menghapus file shorcut tersebut.

4. Untuk menghapus file shortcut yang masih ditinggalkan oleh virus,


anda bisa menggunakan fitur command prompt. Caranya bukalah bukalah flashdisk didalam windows explorer. Lihatlah dimana letak driver flashdisk, apakah driver F, driver G atau Driver lainnya.

5. Misalnya, letak driver flashdisk berada didriver F.

Untuk menghapus file shortcut, masuklah di didriver F melalui fitur command promp (CMD). Caranya dengan menekan tombol Windows+R, setelah itu ketik CMD kemudian enter.

6. Ketika jendela CMD sudah terbuka,

masuklah ke driver     F dengan cara mengetikkan F: kemudian enter.
Saat sebelah kursor yang berkedip berubah menjadi F:\>_ maka anda bisa mulai melakukan penghapusan dengan cara mengetik del*.lnk s/d/ kemudian tekan enter. Apabila muncul peringatan eror maka anda cukup mengetikkan perintah del*.lnk kemudian enter.
Melalui metode tersebut, file shortcut telah terhapus.

7.Langkah selanjutnya

yang perlu anda lakukan adalah mengembalikan file yang hilang atau disembunyikan oleh virus dengan metode mengubah atributnya menjadi normal atau berada dalam mode standar.

8. Masih berada dalam jendela CMD. 

Ketik letak drive flashdisk anda, misalnya F: kemudian tekan enter.
Ketik attrib-s-h-r/s/d kemudian tekan enter lagi. Jika muncul peringatan eror maka hilangkan bagian /s atau /d saja.

Tunggulah proses perubahan atribut tersebut sampai selesai. setelah proses tersebut selesai file yang disebunyikan virus bisa terlihat kembali kedalam mode normal.
Itulah metode yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah virus shorcut didalam flashdisk beserta mengembalikkan file yang hilang /disembunyikan oleh virus.
Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba.










Comments

Popular posts from this blog

Piranti keluaran (Output Device)

Kali ini kita akan membahas Artikel tentang alat keluar dari Komputer, atau yang biasa disebut dengan Output.Tapi sebelum lanjut, saya sarankan ada juga membaca artikel di bawah ini!: Baca juga : alat Input Komputer Pengertian Output Device atau biasa disebut perangkat keluaran adalah perangkat yang berguna untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Sebenarnya apapun yang kita kerjakan pada sebuah komputer, semua itu akan bisa ditampilkan atau dikeluarkan melalui perangkat keluaran saja. Minimal, harus ada 10 contoh dan fungsinya yang harus dipahami agar bisa mengenal apa itu komputer dan perangkat-perangkatnya. Berikut adalah macam-macam perangkat Output Device (perangkat keluaran) pada komputer,beserta gambar fungsi dan penjelasannya. 1. Monitor Monitor adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemprosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh seseorang yang memakai komputer. 2. Prin

Piranti Masukan (Input Device)Komputer

Alat Input pada komputer Kali ini saya akan membahas perangkat keras atau Hardware komputer yang menjadi Piranti masukan atau input device. Input device atau biasa disebut perangkat masukan adalah perangkat yang berguna untuk  memasukkan data atau perintah didalam komputer. Perangkat input ini biasa digunakan untuk memasukkan sebuah data, file atau kode-kode yang nantinya akan ditampilkan berupa sebuah informasi yang bisa kita lihat. Ada beberapa tentang perangkat input yang harus kita pahami. Yaitu apa aja jenis perangkat masukan, seperti apa fungsi perangkat masukan  dan juga bagaimana perangkat masukan  tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis perangkat masukan untuk Komputer: 1. Keyboard Keyboard adalah sebuah  perangkat masukan yang digunakan untuk memasukkan data berupa huruf, angka, maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik komputer. 2. Mouse Mouse adalah sebuah

Apa yang di maksud Beep code

Pengenalan Beep code Beep code merupakan hasil dari tes awal hardware yang dilakukan oleh BIOS komputer yang disebut POST .Power-on self test (POST) adalah tes yang diakukan oleh BIOS Komputer pada waktu pertama kali menyala untuk memastikan semua perangkat keras berfungsi dengan benar dan memenuhi persyaratan minimum  sistem sebelum memulai sisa proses booting.  Untuk mengetahui tentang Beep code dan indikasi permasalahannya, Baca terus artikel ini Yahh!.  Bunyi beep adalah sebuah bunyi speaker yang dikeluarkan oleh komputer saat mendeteksi masalah pada proses POST ( power on self-test ).Umumnya suara beep ini menandakan sebuah masalah yang sedang terjadi pada sistem komputer maupun masalah pada hardware. Perlu diketahui bahwa setiap BIOS memiliki kode beep yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kita harus mengethui merek BIOS yang terpasang pada motherboard . Untuk mengetahui merek BIOS pada motherboard caranya cukup mudah, kita bisa melihat merek BIOS ketika pert