Skip to main content

Piranti Masukan (Input Device)Komputer

Alat Input pada komputer

Kali ini saya akan membahas perangkat keras atau Hardware komputer yang menjadi Piranti masukan atau input device. Input device atau biasa disebut perangkat masukan adalah perangkat yang berguna untuk  memasukkan data atau perintah didalam komputer.

Perangkat input ini biasa digunakan untuk memasukkan sebuah data, file atau kode-kode yang nantinya akan ditampilkan berupa sebuah informasi yang bisa kita lihat. Ada beberapa tentang perangkat input yang harus kita pahami. Yaitu apa aja jenis perangkat masukan, seperti apa fungsi perangkat masukan  dan juga bagaimana perangkat masukan  tersebut.

Berikut ini adalah beberapa jenis perangkat masukan untuk Komputer:

1. Keyboard

Keyboard adalah sebuah  perangkat masukan yang digunakan untuk memasukkan data berupa huruf, angka, maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik komputer.

2. Mouse

Mouse adalah sebuah perangkat masukan yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor.

3. Joystik

Joystik adalah alat masukan yang digunakan untuk memasukkan perintah  untuk menggerakkan permainan pada komputer.

4.Tracball

Trackball adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat penunjuk berupa sebuah bola yang memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan.

5. Lightpen

Lightpen adalah pointer elektronik yang di gunakan untuk memodifikasi dan mendesain gambar dengan screen (Monitor).

6. Scanner

Scanner adalah alat input yang mempunyai fungsi hampir mirip dengan mesin fotocopy. Dengan proses penggunaannya mengcopy data objek lalu dipindahkan kedalam memory komputer yang hasilnya dapat dilihat  pada layar monitor.

7. Barcode Reader

Barcode Reader adalah perangkat yang digunakan untuk membaca barcode data.

8. Digitizer

Digitizer adalah perangkat masukan yang berfungsi untuk merubah perangkat  atau data analog menjadi data digital.

9. CD ROM / DVD ROM

CD ROM / DVD ROM adalah perangkat yang berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpanan data CD atau DVD.

10. Flashdisk

Flashdisk adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dengan ukuran kapasitas tertentu.

11. Modem

Modem adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau jaringan internet.

Itulah Artikel Tentang piranti masukan komputer atau biasa disebut dengan alat input komputer
Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi teman-teman
dan jangan lupa share Artikel ini agar teman-teman yang lain juga tau apa yang kamu tau.

Baca Juga : Pengertian Komputer
Baca Juga : Membuat Aplikasi android tanpa Coding


Comments

Post a Comment

TERIMAH KASIH YANG SUDAH MAMPIR DI BLOG@jaelaniweb.blogspot.com

Popular posts from this blog

Piranti keluaran (Output Device)

Kali ini kita akan membahas Artikel tentang alat keluar dari Komputer, atau yang biasa disebut dengan Output.Tapi sebelum lanjut, saya sarankan ada juga membaca artikel di bawah ini!: Baca juga : alat Input Komputer Pengertian Output Device atau biasa disebut perangkat keluaran adalah perangkat yang berguna untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Sebenarnya apapun yang kita kerjakan pada sebuah komputer, semua itu akan bisa ditampilkan atau dikeluarkan melalui perangkat keluaran saja. Minimal, harus ada 10 contoh dan fungsinya yang harus dipahami agar bisa mengenal apa itu komputer dan perangkat-perangkatnya. Berikut adalah macam-macam perangkat Output Device (perangkat keluaran) pada komputer,beserta gambar fungsi dan penjelasannya. 1. Monitor Monitor adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemprosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh seseorang yang memakai komputer. 2. Prin

Apa yang di maksud Beep code

Pengenalan Beep code Beep code merupakan hasil dari tes awal hardware yang dilakukan oleh BIOS komputer yang disebut POST .Power-on self test (POST) adalah tes yang diakukan oleh BIOS Komputer pada waktu pertama kali menyala untuk memastikan semua perangkat keras berfungsi dengan benar dan memenuhi persyaratan minimum  sistem sebelum memulai sisa proses booting.  Untuk mengetahui tentang Beep code dan indikasi permasalahannya, Baca terus artikel ini Yahh!.  Bunyi beep adalah sebuah bunyi speaker yang dikeluarkan oleh komputer saat mendeteksi masalah pada proses POST ( power on self-test ).Umumnya suara beep ini menandakan sebuah masalah yang sedang terjadi pada sistem komputer maupun masalah pada hardware. Perlu diketahui bahwa setiap BIOS memiliki kode beep yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kita harus mengethui merek BIOS yang terpasang pada motherboard . Untuk mengetahui merek BIOS pada motherboard caranya cukup mudah, kita bisa melihat merek BIOS ketika pert