Skip to main content

Perawatan Flashdisk Terbaik Tahun 2022

Tips Cara merawat Flashdisk

Data yang ada di flashdisk merupakan harta berharga pastinya bagi para teman-teman, mulai dari gambar, word,excel, dan file-file penting lainnya. Memang flashdisk sekarang tergolong murah, tapi apa sama harganya dengan file yang ada di dalamnya.

Betapa pentingnya flashdisk seharusnya teman-teman juga semakin pedulij terhadap keamanan flashdik dari berbagai ancaman fisik maupun dari ancaman virus. Oleh karna itu, saya akan membahas 15 tips cara merawat fashdisk agar tidak mudah rusak.

1. Selalu Eject Flashdisk sebelum mencabutnya

Kebiasaan dari kalian pasti pasti menghiraukan eject flashdisk ini, mungkin karena terburu-buru atau malas mengeject flashdisk. Tidak jarang juga kalian langsung melepas flashdisk tanpa dieject bukan ? padahal melakkan savety remove pada flashdisk sangatlah pentig guna menjaga keutuhan file dalam flashdisk.

2. Jangan menjalankan file langsung lewat flashdisk

Jika kalian ingin membuka file di flashdisk entah itu musik, film, dan file lainnya, alangkah baiknya kalian copy dulu file yang ingin dijalankan ke Harddisk leptop kalian dan menjalankannya lewat Harddisk leptop kalian. Kedengarannya sangat repot tetapi untuk menjaga keutuhan flashdisk kalian maka lakukanlah.

3. Jauhkan dari barang elektronik lainnya

Dengan menjauhkan dari sesam elektronik lainnya, maka flashdisk juga akan menghindari adanya radiasi ke flashdisk.

4. Selalu tutup flashdisk jika tidak sedang diperlukan

Nah ini, jika flashdisk terbuka maka kesempatan debu untuk masuk ke socket flashdisk maka akan semakin besar. Jika debu sudah masuk ke dalam socket flashdisk kalian, kemungkinan akan merusak socket flashdisk kalian yang mengakibatkan proses baca / tulis flashdisk kalian hilang.

5. Rajinlah scan virus di flashdisk


Virus memang tidak tampak fisik, namun keberadaan virus sangat dikhawatirkan terutama pada tempat penyimpanan file seperti flashdisk. Setelah mengcopy file entah dari teman, warnet, pokonya pernah terpasang pada komputer lain, alangkah baiknya kalian scan flashdisk untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti virus tersebut.

6. Hindari flashdisk terkena air

Kebanyakan dari kalian pasti suka menyimpan flashdisk di kantong celana karena akan selalu siap apabila hendak digunakan, namun jangan lupa untuk mengambil kembali dari saku celana kalian tidak sedikit juga yang lupa sampai flashdisk tertinggal disaku, yang celananya kecuci, air yang sudah masuk di dalam flashdisk akan merusak komponen penyusun flasdisk.

7. Jauhkan flashdisk dari tempat panas


Jangan menaruh flashdisk kalian pada tempat yang suhunya terlalu panas, atau memasang flashdisk terlalu lama pada leptop /PC kalian itu tidak baik untuk kesehatan flashdisk kalian.

8. Jangan biasakan mengedit isi file diflashdisk

Biasakan mengCopy file tersebut ke HDD leptop kalian, kemudian barulah mengedit file tersebut melalui HDD leptop kalian, setelah mengedit di HDD leptop kalian bisa mengcopy kembali ke flashdisk kalian.

9. Jangan sampai flashdisk terkena benturan keras 

Jangan biasakan melempar flashdisk, flashdisk terjatuh, atau semacannya yang menyebabkan komponen didalam falshdisk terbentur. Karena jika komponen didalam flashdisk terbentur maka proses baca tulis flashdisk rusak.

10. Jangan terlalu sering menulis ataupun menghapus file di flashdisk


Flashdisk juga memiliki batas untuk menulis ataupun menghapus file, flashdisk dapat melakukan proses menulis dan menghapus file rata-rata 10.000 hingga 100.000 kali penulisan tergangtung merek flashdisk kalian juga.

11. Buat folder autorun.inf pada flashdisk

Membuat folder autorun.inf dapat mencegah masuknya virus kedalam falshdisk kalian.

12. Jangan terlalu sering mengformat flashdisk

Terlalu sering mengformat flashdisk dapat menyebabkan flashdisk kalian mengalami berbagai eror, seperti penyimpanan data yang corrupt, proses tulis flashdisk yang gagal, dan sebagainya. Oleh karena itu kalian jangan terlalu sering mengformat flashdisk.

13. Jika memungkinkan Defragment flashdisk

14. Rutinlah membackup flashdisk

Langkah yang penting untuk menanggulangi hilangnya data pada flashdisk yaitu dengan membackup data dari flashdisk ke leptop kalian , hal ini dilakukan untuk mengatasi keadaan yang tak terduga seperti flashdisk rusak, hilang, error, dan lain sebagainya.

15. Jauhkan flashdisk dari medan magnet

Tidak hanya flashdisk namun berbagai alat elekronik lainnya pun jika berdekatan dengan medan magnet yang kuat, maka komponen-komponen penyusunnya akan terpengaruh radiasi.




Itulah 15 Tips cara merawat flashdisk agar tidak muah rusak dan tetap awet. Semoga bermanfaat Dan Selamat Mencoba.

Comments

Popular posts from this blog

Piranti keluaran (Output Device)

Kali ini kita akan membahas Artikel tentang alat keluar dari Komputer, atau yang biasa disebut dengan Output.Tapi sebelum lanjut, saya sarankan ada juga membaca artikel di bawah ini!: Baca juga : alat Input Komputer Pengertian Output Device atau biasa disebut perangkat keluaran adalah perangkat yang berguna untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Sebenarnya apapun yang kita kerjakan pada sebuah komputer, semua itu akan bisa ditampilkan atau dikeluarkan melalui perangkat keluaran saja. Minimal, harus ada 10 contoh dan fungsinya yang harus dipahami agar bisa mengenal apa itu komputer dan perangkat-perangkatnya. Berikut adalah macam-macam perangkat Output Device (perangkat keluaran) pada komputer,beserta gambar fungsi dan penjelasannya. 1. Monitor Monitor adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemprosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh seseorang yang memakai komputer. 2. Prin

Piranti Masukan (Input Device)Komputer

Alat Input pada komputer Kali ini saya akan membahas perangkat keras atau Hardware komputer yang menjadi Piranti masukan atau input device. Input device atau biasa disebut perangkat masukan adalah perangkat yang berguna untuk  memasukkan data atau perintah didalam komputer. Perangkat input ini biasa digunakan untuk memasukkan sebuah data, file atau kode-kode yang nantinya akan ditampilkan berupa sebuah informasi yang bisa kita lihat. Ada beberapa tentang perangkat input yang harus kita pahami. Yaitu apa aja jenis perangkat masukan, seperti apa fungsi perangkat masukan  dan juga bagaimana perangkat masukan  tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis perangkat masukan untuk Komputer: 1. Keyboard Keyboard adalah sebuah  perangkat masukan yang digunakan untuk memasukkan data berupa huruf, angka, maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik komputer. 2. Mouse Mouse adalah sebuah

Apa yang di maksud Beep code

Pengenalan Beep code Beep code merupakan hasil dari tes awal hardware yang dilakukan oleh BIOS komputer yang disebut POST .Power-on self test (POST) adalah tes yang diakukan oleh BIOS Komputer pada waktu pertama kali menyala untuk memastikan semua perangkat keras berfungsi dengan benar dan memenuhi persyaratan minimum  sistem sebelum memulai sisa proses booting.  Untuk mengetahui tentang Beep code dan indikasi permasalahannya, Baca terus artikel ini Yahh!.  Bunyi beep adalah sebuah bunyi speaker yang dikeluarkan oleh komputer saat mendeteksi masalah pada proses POST ( power on self-test ).Umumnya suara beep ini menandakan sebuah masalah yang sedang terjadi pada sistem komputer maupun masalah pada hardware. Perlu diketahui bahwa setiap BIOS memiliki kode beep yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kita harus mengethui merek BIOS yang terpasang pada motherboard . Untuk mengetahui merek BIOS pada motherboard caranya cukup mudah, kita bisa melihat merek BIOS ketika pert