Skip to main content

Cara merakit komputer

Buat Teman-Teman yang ingin Belajar membuat PC! baca terussYAHH!

Tapi sebelum melakukan perakitan Sebaiknya teman-teman Membaca terlebih dahulu
Artikel ini :jenis dan fungsi Komponen PC

Kalau kamu sebelum ini nggak pernah merakit PC, pasti bingung caranya. Untuk itu ini dia artikel Jaka mengenai cara merakit PC lengkap yang baik dan benar. Yuk simak!

Untuk mendapatkan sebuah PC idaman, terkadang membeli sebuah PC lengkap langsung jadi yang siap pakai tidak akan cocok. Akan jauh lebih puas dengan merakitnya sendiri dari awal hingga selesai. Mulai dari memilih komponennya, mendesain, dan lain-lain hingga menjadi sebuah PC yang diinginkan.

Kalau kamu sebelum ini nggak pernah merakit PC, pasti bingung caranya. Untuk itu ini dia artikel Jaka mengenai cara merakit PC lengkap yang baik dan benar. Yuk simak!

Cara Merakit PC Lengkap Yang Baik Dan Benar

Tanpa berlama-lama lagi, ini dia cara merakit PC lengkap yang baik dan benar.

Langkah-Langkah Cara Merakit PC Lengkap Yang Baik Dan Benar

Langkah 1
Mulai dengan memasang Prosesor pada motherboard. Untuk bisa memasang prosesor dengan baik, kamu harus mengacu pada tanda yang ada di pojok kiri bawah prosesor dan socket.

Langkah 2
Lanjutkan dengan memasang Cooler CPU. Cara umumnya yaitu dengan mencocokan lubang di motherboard dengan pengait di cooler CPU-nya. Oh ya, apabila kamu memakai cooler CPU bawaan, biasa sudah ada thermal paste-nya.

Langkah 3
Jika cooler CPU sudah terpasang dengan baik, jangan lupa sambungkan kabelnya ke motherboard. Biasa di motherboard tertulis CPU_FAN.

Langkah 4
Lanjutkan dengan memasang RAM. Jaka rasa pastinya nggak akan sulit, kamu hanya harus cocokan saja. Karena kalau nggak cocok, nggak akan bisa terpasang. Jadi nggak akan ada namanya terbalik dan sejenisnya.

Langkah 5
Mulai bongkar Case PC sampai benar-benar tersisa hanya rangkanya. Tiap case PC tentu beda cara membongkarnya, tapi terus terang nggak begitu sulit.

Langkah 6
Pasang I/O Shield yang didapat dari motherboard ke bagian belakang case PC. Pastikan posisinya cocok dengan posisi motherboard terpasang nantinya.

Langkah 7
Pasang Motherboard ke case PC. Cocok-cocokan saja dengan lubang baut yang ada. Lalu baut semua yang bisa dibaut. Tidak perlu terlalu kencang, apabila dirasa mentok maka sudah cukup.

Langkah 8
Pasang Hard Disk pada case PC. Tiap case PC agak sedikit berbeda-beda. Ada yang dibaut, tapi ada juga yang sudah ada dudukannya dan memakai rel.

Langkah 9
Pasang Power Supply Unit (PSU) pada PC case. Sama seperti cara biasa, yaitu dengan cara mencocok-cocokan saja dengan lubang bautnya.

Langkah 10
Pasang kabel power motherboard atau biasa disebut kabel Power 24-pin ATX.

Langkah 11
Pasang kabel power prosesor atau biasa disebut kabel Power 4-pin CPU. Warnanya sudah pasti kuning dan hitam, Jaka yakin kamu akan dengan mudah mengenali kabel tersebut.

Langkah 12
Pada paket pembelian motherboard, pastinya kamu akan mendapatkan yang namanya kabel SATA. Pasangkan kabel tersebut di motherboard. Seperti biasa, cocok-cocokan saja. Karena kalau tidak cocok, sudah pasti tidak akan bisa terpasang.

Langkah 13
Pada bagian ujung satunya lagi pada kabel SATA, hubungkan ke hard disk.

Langkah 14
Karena hard disk juga butuh power. Ambil kabel Power SATA yang berasal dari PSU, lalu sambungkan ke hard disk.

Langkah 15
Mulai pasangkan kipas pada case PC. Intinya adalah pada bagian depan kipas dia akan mengeluarkan angin, sementara pada bagian belakang dia akan menyedot angin. Kamu harus mengaturnya sedemikian rupa agar bisa mendapatkan Air Flow yang baik.

Langkah 16
Mulai sambung-sambungkan kabel dari case PC ke motherboard. Seperti biasa, cocok-cocokan saja.

Langkah 17
Mulai sambungkan kabel Front Panel dari case PC ke motherboard. Jaka yakin kamu akan mudah mengenali kabelnya, karena kabel tersebut kecil-kecil. Jangan takut salah, karena kalau salah tidak akan terjadi kerusakan fatal.

Langkah 18
Jika sudah semua. Rapikan kabel yang ada di belakang case PC, dan pasangkan semua bagian case PC yang sebelumnya kamu lepas.

Langkah 19
Hubungkan ke sumber listrik dan nikmati PC idaman kamu, selesai.















Itulah artikel cara merakit PC lengkap yang baik dan benar. Nggak sesulit yang dibayangkan kok, intinya kebanyakan hanya sekedar mencocok-cocokan saja. Jadi tunggu apalagi, yuk rakit PC!

Baca Juga:sekilas tentang sistem komputer

Comments

Post a Comment

TERIMAH KASIH YANG SUDAH MAMPIR DI BLOG@jaelaniweb.blogspot.com

Popular posts from this blog

Piranti keluaran (Output Device)

Kali ini kita akan membahas Artikel tentang alat keluar dari Komputer, atau yang biasa disebut dengan Output.Tapi sebelum lanjut, saya sarankan ada juga membaca artikel di bawah ini!: Baca juga : alat Input Komputer Pengertian Output Device atau biasa disebut perangkat keluaran adalah perangkat yang berguna untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Sebenarnya apapun yang kita kerjakan pada sebuah komputer, semua itu akan bisa ditampilkan atau dikeluarkan melalui perangkat keluaran saja. Minimal, harus ada 10 contoh dan fungsinya yang harus dipahami agar bisa mengenal apa itu komputer dan perangkat-perangkatnya. Berikut adalah macam-macam perangkat Output Device (perangkat keluaran) pada komputer,beserta gambar fungsi dan penjelasannya. 1. Monitor Monitor adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemprosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh seseorang yang memakai komputer. 2. Prin

Piranti Masukan (Input Device)Komputer

Alat Input pada komputer Kali ini saya akan membahas perangkat keras atau Hardware komputer yang menjadi Piranti masukan atau input device. Input device atau biasa disebut perangkat masukan adalah perangkat yang berguna untuk  memasukkan data atau perintah didalam komputer. Perangkat input ini biasa digunakan untuk memasukkan sebuah data, file atau kode-kode yang nantinya akan ditampilkan berupa sebuah informasi yang bisa kita lihat. Ada beberapa tentang perangkat input yang harus kita pahami. Yaitu apa aja jenis perangkat masukan, seperti apa fungsi perangkat masukan  dan juga bagaimana perangkat masukan  tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis perangkat masukan untuk Komputer: 1. Keyboard Keyboard adalah sebuah  perangkat masukan yang digunakan untuk memasukkan data berupa huruf, angka, maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik komputer. 2. Mouse Mouse adalah sebuah

Apa yang di maksud Beep code

Pengenalan Beep code Beep code merupakan hasil dari tes awal hardware yang dilakukan oleh BIOS komputer yang disebut POST .Power-on self test (POST) adalah tes yang diakukan oleh BIOS Komputer pada waktu pertama kali menyala untuk memastikan semua perangkat keras berfungsi dengan benar dan memenuhi persyaratan minimum  sistem sebelum memulai sisa proses booting.  Untuk mengetahui tentang Beep code dan indikasi permasalahannya, Baca terus artikel ini Yahh!.  Bunyi beep adalah sebuah bunyi speaker yang dikeluarkan oleh komputer saat mendeteksi masalah pada proses POST ( power on self-test ).Umumnya suara beep ini menandakan sebuah masalah yang sedang terjadi pada sistem komputer maupun masalah pada hardware. Perlu diketahui bahwa setiap BIOS memiliki kode beep yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kita harus mengethui merek BIOS yang terpasang pada motherboard . Untuk mengetahui merek BIOS pada motherboard caranya cukup mudah, kita bisa melihat merek BIOS ketika pert