Skip to main content

apa yang dimaksud command prompt

Mengenal Command Prompt (CMD) Windows

Pengertian Command Prompt atau yang sering kita sebut dengan istilah CMD adalah suatu perintah DOS berbasis teks pada sistem operasi Windows.Command Prompt ini ditunjukkan kepada para pengguna sistem operasi windows agar para pengguna dapat mengeksplorasi Windows secara oflline maupun online. Perintah command prompt atau CMD seringkali disalah gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,salah satunya yaitu seorang cracker yang melaksanakan misi-misinya menggunakan command prompt.


Pengertian Command prompt diWindows

Banyak yang belum mengetahui tentang fungsi dari command prompt tersebut, Pada umumnya fungsi command prompt yaitu untuk mengecek suatu koneksi sebuah jaringan dengan cara mengeping (ping) IP. Tetapi fungsi lain dari CMD yaitu untuk mengetahui masalah pada Bad sector.

Fungsi CMD di Windows PC atau Laptop 

1. Memperbaiki bad sector pada Harddisk 

Command prompt pada windows anda, dapat memperbaiki bad sector harddisk pada kompute/Laptop yang anda gunakan. Karena command prompt dapat memperbaiki masalah tersebut sehinnga dapat memperbaiki bad sector anda seperti semula.Untuk cara memperbaiikinya yaitu dengan cara menjalankan perintah sebagai  berikut:

chkdsk/r/f e:

pada CMD di windows anda

2. Menghentikan aplikasi secara paksa

Jika anda sedang menjalankan aplikasi, tetapi aplikasi tersebut mengalami macet dan anda ingin menutupnya tetapi tidak bisa keluar, maka salah satu solusinya menghentikan aplikasi secara paksa. Aplikasi yang macet pada windows, seringkali ditandai peringatan Not Responding yang menunjukkan aplikasi tersebut tidak berjalan seperti mestinya. Maka dari itu anda dapat menghentikan aplikasi yang Not Responding tersebut menggunakan terminal CMD menggunakan perintah di bawah ini:

taskkill /F /PID 9024 atau taskkill /IM "uTorrent.exe" /F

3. Mengecek Status Aktivasi Windows

Jika anda ingin mengetauhi sistem operasi anda sudah diaktivasi atau belum, maka anda dapat menggunakan command prompt untuk mengecek dan melakukan aktivasi windows anda dapat mengetikkan perintah dibawah ini:

slmgr/div pada command prompt

4. Menyembunyikan file 

Fungsi lain dari CMD yaitu anda dapat menyembunyikan sebuah file. Jika anda memiliki file-file atau dokumen-dokumen penting tetapi tidak ingin seorangpun mengetahui file tersebut.
Cara untuk menyembunyikan file menggunakan Command prompt yaitu dengan perintah:

attrib+s+h E:\CAPCOM.

5. Memeriksa kondisi harddisk 

Jika anda ingin mengecek Harddisk anda apakah dalam kondisi yang baik atau tdak dan terkena bad sector atau tidak, maka anda dapat menggunakan CMD untuk mengecek kondisi harddisk anda.Untuk mengetahui kondisi haddisk anda, anda harus menguasai perintah pada command prompt yang berupa wimc disdrive get status.

6. Mematikan Komputer/Laptop

Mematikan dan menghidupkan sebuah komputer merupakan sebuah aktivitas yang sering anda lakukan. Dalam mematikan komputer/laptop yaitu dengan menekan tombol start dan memngetik tumbol shutdown atau turn off. Dengan menggunakan Command prompt anda dapat mematikan PC/laptop anda dengan cara yang tidak biasa atau berbeda dengan biasanya. Mungkin cara ini sedikit asing bagi kita, tetapi cara ini sangat ampuh untuk mematikan atau hanya merestart laptop/pc anda Untuk melakukan metode tersebut syarat utamanya yaitu harus terhubung kekoneksi jaringan internet
dan perintah yang digunakan : slmgr /dlv.

7. Memeriksa kondisi laptop 

Jika anda ingin mengetahui atau mengecek ketahanan dan kekuatan baterai laptop anda, anda dapat mengeceknya di CMD dengan sangat mudah. Perintah untuk mengeceknya sangatlah mudah anda dapat memasukkan perintah pada CMD di bawah ini

powercfg energy.

8. Menjadikan Leptop atau Komputer sebagai Wifi tanpa software tambahan

Anda mungkin tidak terpikir sebelumnya bahwa laptop/komputer yang anda gunakan dapat juga memancarkan Wifi. Laptop/Komputer yang biasanya hanya dapat menerima sinyal Wifi, kini dapat memancarkan sinyal Wifi dengan menggunakan Command Prompt.Tanpa menambahkann software apapun. Cara settingnya di CMD yaitu dengan mengetikkan perintah di bawah ini:

netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=namassid anda key=password anda.

Itulah Artikel tentang pengertian CMD dan fungsi CMD yang belum banyak diketahui.
Semoga Artikel tersebut dapat bermanfaat dan menambah Wawasan anda 
Tentang perkembangan Ilmu teknologi dan Informasi.
Sampai jumpa diArtikel selanjutnya
TERIMAH KASIH







Comments

Post a Comment

TERIMAH KASIH YANG SUDAH MAMPIR DI BLOG@jaelaniweb.blogspot.com

Popular posts from this blog

Piranti keluaran (Output Device)

Kali ini kita akan membahas Artikel tentang alat keluar dari Komputer, atau yang biasa disebut dengan Output.Tapi sebelum lanjut, saya sarankan ada juga membaca artikel di bawah ini!: Baca juga : alat Input Komputer Pengertian Output Device atau biasa disebut perangkat keluaran adalah perangkat yang berguna untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Sebenarnya apapun yang kita kerjakan pada sebuah komputer, semua itu akan bisa ditampilkan atau dikeluarkan melalui perangkat keluaran saja. Minimal, harus ada 10 contoh dan fungsinya yang harus dipahami agar bisa mengenal apa itu komputer dan perangkat-perangkatnya. Berikut adalah macam-macam perangkat Output Device (perangkat keluaran) pada komputer,beserta gambar fungsi dan penjelasannya. 1. Monitor Monitor adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemprosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh seseorang yang memakai komputer. 2. Prin

Piranti Masukan (Input Device)Komputer

Alat Input pada komputer Kali ini saya akan membahas perangkat keras atau Hardware komputer yang menjadi Piranti masukan atau input device. Input device atau biasa disebut perangkat masukan adalah perangkat yang berguna untuk  memasukkan data atau perintah didalam komputer. Perangkat input ini biasa digunakan untuk memasukkan sebuah data, file atau kode-kode yang nantinya akan ditampilkan berupa sebuah informasi yang bisa kita lihat. Ada beberapa tentang perangkat input yang harus kita pahami. Yaitu apa aja jenis perangkat masukan, seperti apa fungsi perangkat masukan  dan juga bagaimana perangkat masukan  tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis perangkat masukan untuk Komputer: 1. Keyboard Keyboard adalah sebuah  perangkat masukan yang digunakan untuk memasukkan data berupa huruf, angka, maupun symbol tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik komputer. 2. Mouse Mouse adalah sebuah

Apa yang di maksud Beep code

Pengenalan Beep code Beep code merupakan hasil dari tes awal hardware yang dilakukan oleh BIOS komputer yang disebut POST .Power-on self test (POST) adalah tes yang diakukan oleh BIOS Komputer pada waktu pertama kali menyala untuk memastikan semua perangkat keras berfungsi dengan benar dan memenuhi persyaratan minimum  sistem sebelum memulai sisa proses booting.  Untuk mengetahui tentang Beep code dan indikasi permasalahannya, Baca terus artikel ini Yahh!.  Bunyi beep adalah sebuah bunyi speaker yang dikeluarkan oleh komputer saat mendeteksi masalah pada proses POST ( power on self-test ).Umumnya suara beep ini menandakan sebuah masalah yang sedang terjadi pada sistem komputer maupun masalah pada hardware. Perlu diketahui bahwa setiap BIOS memiliki kode beep yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kita harus mengethui merek BIOS yang terpasang pada motherboard . Untuk mengetahui merek BIOS pada motherboard caranya cukup mudah, kita bisa melihat merek BIOS ketika pert